Blog

Tren Kosmetik Halal 2024

cover Blog

Seiring berjalannya waktu kosmetik juga mengalami perkembangan, hal ini juga mempengaruhi tren penggunaan kosmetik di dunia dan termasuk di Indonesia. Banyak produsen kecantikan dan beautypreneur yang terus berusaha untuk memproduksi produk kosmetik dengan formula baru.  Namun bukan hanya formulasi yang menjadi fokus dalam dunia kosmetik saat ini, tetapi juga kehalalan produk kosmetik. Saat ini semakin banyak konsumen dunia yang mencari produk yang bukan hanya berkualitas tapi juga halal.

Mengapa Produk Kosmetik Harus Halal ?

Kosmetik, skincare, dan parfum digunakan sehari-hari pada permukaan kulit dan menempel pada kulit, sehingga ada kemungkinan terbawa saat melakukan ibadah dan kandungan kosmetik tersebut dapat masuk ke dalam tubuh melalui pori-pori (serum dan lainnya) atau tertelan (lips care). Hal inilah yang menjadi pertimbangan penting bagi masyarakat muslim dalam menggunakan produk kosmetik yang harus halal.

Pertimbangan penggunaan kosmetik halal bukan hanya karena syariat bagi seorang muslim, tetapi juga keyakinan masyarakat umum bahwa produk yang dinyatakan halal sudah pasti merupakan produk yang aman. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor tren kosmetik halal semakin berkembang di dunia. 

Secara legalitas di Indonesia juga menyatakan bahwa Kosmetik Wajib Halal

Industri Kosmetik Halal yang Berkembang Pesat

Pasar komsetik, skincare, dan parfum sebagian besar dipengaruhi oleh masyarakat muslim dengan data World Population Review pada bulan November 2023 86,7% populasi di Indonesia adalah muslim ditambah data Pew Research Center pada tahun 2030 diperkirakan popuasi muslim di dunia akan mengalami peningkatan mencapai 30% dari populasi dunia. Sehingga dari faktor tersebut sudah bisa dipastikan pangsa pasar akan besar karena kebutuhan kosmetik, skincare, dan parfum halal pasti besar, dan akan bertabah besar dengan keyakinan masyarakat umum bahwa kosmetik, skincare, dan parfum halal merupakan produk yang aman.

Maka dari itu dengan sertifikasi halal produk kosmetik akan dapat memperluas pangsa pasar bisnis kosmetik, skincare, dan parfum, bukan hanya di Indonesia tetapi juga di dunia. Produk kosmetik, skincare, dan parfum yang sudah bersertifikat halal akan mudah dipasarkan, karena di dunia saat ini juga menerapkan peraturan sertifikasi untuk produk yang mengklaim produknya halal untuk menjamin bahwa produk tersebut benar-benar halal dari bahan baku, fasilitas produksi, hingga produknya.

Selain itu dengan adanya dukungan pemerintah terhadap pemberian hak konsumen muslim dalam mendapatkan jaminan kehalalan produk membuat produsen kosmetik dan beautypreneur terus berusaha untuk memproduksi kosmetik, skincare, dan parfum halal. Dukungan pemerintah tersebut adalah dengan adanya mandatory atau kewajiban terhadap produk halal, yang tercantum pada Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2021 pasal (2) ayat (1) bahwa:

Produk yang masuk, beredar, dan diperdagangkan di wilayah Indonesia wajib bersertifikat halal.

(Pasal 141) dengan penahapan kewajiban sertifikasi halal untuk produk kosmetik, skincare, dan parfum serta produk kimiawi dan  produk rekayasa genetik pada 17 Oktober 2021 sampai 17 OKtober 2026.

Sehingga masyarakat akan semakin banyak menemui produk kosmetik, skincare, dan parfum halal di pasaran. Kosmetik halal akan menjadi tren untuk 2 tahun kedepan hingga seterusnya di Indonesia dan di dunia. Terbukti bahwa industri halal Indonesia diakhir 2023 naik satu peringkat menjadi peringkat ke-3 pada The Global Islamic Economy Indicator dalam The State of Global Islamic Economy (SGIE) Report 2023 yang diluncurkan Dinar Standart di Dubai, Uni Emirat Arab dengan salah satu prestasinya yaitu industri obat-obatan dan kosmetik halal Indonesia naik menjadi peringkat 5.

PT Tissan adalah salah satu perusahaan maklon kosmetik yang memproduksi produk kosmetik dengan brand Kamu sendiri yang menerapkan sistem jaminan produk halal dalam proses produksi kosmetik. PT Tissan berkomitmen untuk selalu memproduksi kosmetik halal dengan bahan baku dan fasilitas yang sudah tersertifikasi halal dan berkontribusi dalam meningkatkan industri kosmetik halal di Indonesia hingga manca negara, PT Tissan sejak tahun 2018 telah memproduksi kosmetik dengan sistem jaminan produk halal yang terverifikasi oleh MUI dengan  produk telah tersertifikasi halal oleh BPJPH.

 

PT Tissan telah memenuhi semua kriteria dalam memproduksi produk kosmetik halal, dan siap membantu Kamu dalam perjalanan menuju kesuksesan. Jangan lewatkan kesempatan untuk menjadi salah satu Brand Owner yang berkontribusi dalam perkembangan industri kosmetik dan tren halal di Indonesia.

Hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang layanan Kami dan share informasi ini untuk membantu para pebisnis pemula, beautypreneur, dan brand owner agar tidak salah memilih pabrik maklon kosmetik.

Postingan terkait

Belum ada postingan

icon whatsapp
icon
Loading...